Baterai Smartphone
Tips

Cegah Baterai Smartphone Kalian Dari Kerusakan

Seiring dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang, telepon genggam yang dahulunya memiliki tahan daya baterai yang terbilang lama, bahkan dapat bertahan berhari-hari-hari. Namun sekarang kenyataannya battery smartphone hanya bertahan sehari semalam saja.

Baterai Smartphone
Merawat baterai smartphone dari kerusakan

Hal tersebut bukanlah diakibatkan dari menurunnya kualitas sebuah battery, melainkan handphone era modern saat ini terus aktif dalam melakukan sinkronisasi data. Tentu hal itu mengakibatkan daya tahan baterai cepat terkuras habis.

Sehingga untuk menjaga battery tahan lama, maka sangat penting untuk merawatnya agar terhindar dari kerusakan. Bagi kalian yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat baterai supaya tahan lama, sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini!

5 Tips Merawat Baterai Smartphone

Baterai
Jangan sesering mungkin membiarkan baterai smartphone dalam keadaan kosong
  • Hindari Penggunaan Smartphone Terus Menerus

Tips pertama untuk menjaga daya tahan baterai agar lebih awat adalah dengan menghindari penggunaan smartphone secara terus menerus dan tidak memberikan waktu istirahat. Karena dengan membiarkan telepon genggam terus bekerja, maka akan dapat mengakibatkan overheat.

Bahkan sebagian smartphone rentan akan kerusakan yang diakibatkan karena wakelock, yang tentu akan memperburuk keadaan battery.

Selain itu, penggunaan kamera dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengakibatkan overheat. Hal tersebut dikarenakan processor di dalam smartphone akan bekerja secara cepat untuk memproses sebuah gambar.

  • Jangan Memainkan Smartphone Saat Baterai Di-charge

Jangan menggunakan smartphone ketika baterai sedang diisi. Ada baiknya dibiarkan begitu saja tanpa dimainkan atau dinonaktifkan (namun sebagian smartphone ketika mencharge tidak dapat dimatikan, seperti iphone).

Tapi, kita sudah terbiasa untuk memainkan smartphone yang padahal sedang di-charge. Namun perlu diketahui, bahwa hal tersebut dapat membuat baterai menjadi lebih cepat rusak dan tentu tidak akan bertahan lama.

  • Jangan Membiasakan Baterai Smartphone Dalam Keadaan Kosong

Membiarkan battery smartphone dalam keadaan kosong memang tidak ada salahnya, karena berguna untuk melakukan kalibrasi. Namun, perlu diketahui, bahwa proses kalibrasi baterai sebuah smartphone hanya sekali atau dua kali dalam siklus bulanan.

Apabila baterai dalam keadaan kosong dibiarkan sesering mungkin, maka dapat mengakibatkan proses pengisian baterai menjadi lebih lama. Hal itu tentu tidak baik, karena dengan lamanya proses charge, baterai akan mengalami kerusakan.

  • Jauhkan Dari Area Panas

Supaya baterai handphone awet dan tidak cepat habis, alangkah baiknya menghindari beberapa tempat yang menghasilkan suhu panas, seperti beberapa barang elektronik diantaranya dashbord mobil, kulkas, dan CPU.

Karena dengan menempatkan smartphone di area yang panas, tentu akan membuat permukaan smartphone juga terasa panas. Itu artinya, dapat membuat battery cepat rusak.

  • Disarankan Selalu Menggunakan Charger Asli

Sebaiknya selalu gunakan berbagai peralatan yang original, tidak terkecuali charger battery. Disarankan untuk menggunakan charger asli.

Karena perlu diketahui, dengan penggunaan charger yang tidak sesuai, dapat memicu aliran listrik yang justru berlebih hingga mengakibatkan connector battery akan ‘kaget’, sehingga baterai cepat mengalami kerusakan.

Jangan Mengisi Daya Baterai Semalaman

Walaupun smartphone keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur auto cut-off, yang dimana memiliki fungsi untuk memutus aliran listrik apabila battery sudah terisi penuh. Namun bukan berarti diperbolehkan untuk charger baterai semalaman.

Baterai Smartphone
Jangan mengisi ulang baterai smartphone semalaman

Dengan mengisi baterai smartphone dalam waktu semalaman, akan mengakibatkan overheat. Tentu hal itu akan membuat baterai menjadi lebih cepat rusak.

Bahkan panas yang berlebihan pada sebuah smartphone, mampu membuatnya meledak. Terbukti sudah banyak kasus-kasus telepon genggam yang meledak, dikarenakan panas yang berlebih. Sehingga disarankan, mengisi baterai dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.